INFO PERGURUAN TINGGI 2011

Jakarta — Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 yang akan diikuti 60 PTN di seluruh Indonesia dilaksanakan melalui dua jalur. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 34/ 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan oleh Pemerintah, dinyatakan pola seleksi nasional dilaksanakan melalui jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan dan jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik.

Dalam Permendiknas tersebut juga dinyatakan sekurang-kurangnya 60 persen dari bangku kuliah yang tersedia untuk setiap program studi diseleksi melalui pola seleksi nasional. “Baru tahun ini ada ketentuan 60 persen. Kementerian punya perhatian besar di situ,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh saat memberikan keterangan pers di Kemdiknas, Jakarta, Rabu (12/1).

Hadir pada acara Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso, Rektor IPB Herry Suhardiyanto selaku Ketua Umum Panitia SNMPTN 2011, Rektor Universitas Andalas Musliar Kasim selaku Ketua Majelis Rektor PTN, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Rachmad Wahab selaku pengelola keuangan SNMTPN, dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi.

Herry menyampaikan, SNMPTN tahun ini diperluas melalui jalur undangan. Seleksi undangan dilakukan oleh masing-masing kampus. Setiap peserta dapat memilih dua perguruan tinggi, dan pada masing-masing perguruan tinggi dapat memilih tiga program studi. “Panitia nasional hanya mengumpulkan data yang dimasukkan seluruh kepala sekolah yang berminat, dan memenuhi kriteria yaitu akreditasi B atau direkomendasikan oleh PTN tertentu,” ujarnya.

Herry melanjutkan, data yang masuk ke panitia nasional dikumpulkan untuk setiap perguruan tinggi lalu dikirimkan ke perguruan tinggi tersebut untuk ditentukan melalui mekanisme internal. “Yang tidak lulus dikembalikan (ke panitia nasional) lalu diproses pilihan kedua dan diseleksi dengan mekanisme yang sama oleh rektor masing-masing (perguruan tinggi),” katanya.

Herry menyampaikan, jadwal pelaksanaan SNMPTN 2011 melalui jalur undangan pendaftaran mulai 1 Februari-12 Maret 2011, pengumuman hasil 18 Mei 2011, dua hari setelah ujian nasional diumumkan. Sementara, jadwal pelaksanaan jalur tertulis direncanakan pada Selasa, 31 Mei 2011 meliputi tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar dan Rabu, 1 Juni 2011 meliputi masing-masing tes bidang studi IPA dan IPS. Kemudian, jadwal ujian keterampilan dilaksanakan pada 3 dan 4 Juni 2011.

Adapun biaya pendaftaran SNMPTN jalur undangan 2011 Rp175 ribu per pelamar, sedangkan untuk jalur ujian tertulis Rp150 ribu per peserta untuk kelompok IPA atau IPS. Sementara peserta kelompok IPC (IPA+IPS) Rp175 ribu. Bagi peserta yang mengikuti ujian keterampilan dikenakan biaya Rp150 ribu. “Ujian keterampilan seperti olah raga dan seni,” katanya.

Djoko menyampaikan, daya tampung mahasiswa baru secara nasional melalui seleksi ini diperkirakan sebanyak 120 ribu. “Prestasi sudah disaring oleh kawan-kawan dari sekolah dicek dengan nilai UN-nya. Untuk sistem undangan peminatnya sudah mulai banyak,” katanya.

Riswinandi menyampaikan, dukungan perbankan dalam penerimaan mahasiswa baru adalah untuk memudahkan proses bagi para calon mahasiswa/orang tua mahasiswa. Mereka tidak perlu lagi mendaftar dengan datang ke satu kota. “Dengan perkembangan teknologi yang ada cukup melakukan pendaftaran melalui internet,” ujarnya.

Pembayaran pendaftaran melalui jalur-jalur distribusi Bank Mandiri yang didukung oleh 1.300 kantor cabang dan melalui saluran elektronik perbankan yaitu sms banking, internet banking, dan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). “Kami harapkan akan membantu panitia dalam proses penerimaan dan juga pengelolaan administrasi sistem,” ujarnya. (agung)

sumber kemdiknas.go.id

Beberapa perubahan dalam sistem penerimaan mahasiswa baru di beberapa perguruan tinggi negeri. Harap disimak dengan baik bagi yang mau melanjutkan ke PT-PT terdekat atau pilihan agar dapat kuliah aman, nyaman dan sesuai kemampuan masing-masing.

1. SNMPTN/Jalur Nasional terbagi jadi 2 (dua) jalur.

Kalau sebelum-sebelumnya dari jaman baheula kan SNMPTN cuma ada tes tertulis saja kan yah. Kalau sekarang, Jalur Nasional terbagi menjadi :

a. Jalur Undangan. Kepala Sekolah mengajukan nama-nama siswa kelas XII yang rangking 10 besar dari semester 1 – 5. Tiap-tiap nama yang diajukan itu bisa memilih maksimal 2 PTN yang diminati, dan bisa memilih maksimal 3 program studi di PTN tersebut. Udah, syaratnya cuma itu, cuma pake rapot, gak ada tes-tes tertulis atau semacamnya. Tujuan diadakannya sistem undangan seperti ini salah satunya adalah supaya ada seleksi ketat juga di tingkat sekolah.

Jadi, semua sekolah bisa mengajukan siswanya ke UI atau PTN lainnya asalkan siswa tersebut punya rangking serendah-rendahnya 25% terbaik di kelasnya.

b. Jalur Tertulis. Kalau yang ini sih, sama seperti yang dulu-dulu. Ngerjain banyak soal, trus berdoa deh, semoga beruntung bisa masuk.

2. Jalur Mandiri

Jalur Mandiri ini merupakan jalur masuk yang diadakan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri. Tahun 2011 ini, UI punya dua jalur yang termasuk Jalur Mandiri untuk S1 Reguler, yaitu PPKB (jalur tanpa tes) dan SIMAK UI. Berhubung PPKB sudah jauh kadaluarsa (deadline akhir November kemarin), maka Jalur Mandiri untuk masuk UI tahun 2011 hanya tinggal tes SIMAK-UI (Seleksi Masuk UI) yang pelaksanaannya adalah setelah pengumuman SNMPTN. Jadi sekarang SIMAK-nya malah yang terakhir.

3. Kuota

Berasal minimal 60% Jalur Nasional (SNMPTN). jalur Nasional yang tertulis masing-2 PT  20%, melalui jalur Nasional Undangan, kuota minimalnya 10%.

4. Urutan pelaksanaan ujian masuk UI.

Kalau dulu, urutan jalur masuknya kan PPKB(tanpa tes), SIMAK, UMB, baru terakhir SNMPTN. Kalau tahun 2011 ini, pelaksanaannya adalah mulai dari PPKB, SNMPTN, baru kemudian SIMAK. sekarang gak ada UMB lagi. Berikut tanggal-tanggal pelaksanaannya.

Penerimaan S1 Reguler :

a. PPKB : November 2010 – Januari 2011

b. SNMPTN Jalur Undangan : Februari – April 2011 (masih tentative)

c. SNMPTN Jalur Ujian Tertulis : setelah pelaksanaan UN (tentative juga)

d. SIMAK UI : awal Juli 2011 (tentative lagi, tergantung pada pelaksanaan SNMPTN)

Dikutip dari fadewae Faiq Miftakhul Falakh dari situs PSB.

masuk PTN

Tentang husnan

AQ hanya guru di sma sejak 1985. spesialis sejarah tapi sekarang hijrah di tehnologi informatika. Tantangan gaptek mendorong aku hijrah di T
Pos ini dipublikasikan di Jelajah SMA Negeri 1 Paiton, penerimaan murid baru dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s